Join rezafahlevi_7's empire

Kamis, 24 April 2014

CARA MELAKUKAN OLAHRAGA YANG BAIK DAN BENAR

Hai sobat bloggers, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara melakukan olahraga yang baik dan benar. Nah...dalam melakukan olahraga kita harus mengetahui tahapan-tahapan yang ada, mulai dari sebelum olahraga, saat berolahraga dan juga saat setelah olahraga (pemulihan).
1. Sebelum olahraga
Saat berolahraga, kita membutuhkan banyak energi atau kalori. Untuk itu asupan nutrisi yang cukup sangat membantu kita agar tetap fit saat berolahraga. Terutama untuk tipe olahraga yang berat seperti basketball dan sepakbola. 3-4 jam sebelum olahraga kita dianjurkan untuk makan berat, namun ingat, jangan berlebihan, makanlah secukupnya karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Makanlah makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan protein. Karbohidrat berguna dalam menghasilkan energi, sedangkan protein sangat berguna karena mengandung asam amino yang berguna untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi. Usahakan makan makanan ringan 1-2 jam sebelum berolahraga. Dianjurkan untuk makan kacang-kacangan karena banyak mengandung protein yang dapat merelaksasi otot dan dapat mengurangi resiko kram otot. Jangan lupa minumlah air putih yang banyak. Bila kita berolahraga di sore hari, dianjurkan untuk berjemur di pagi hari karena dapat melancarkan sirkulasi darah.
2. Saat berolahraga
Ingatlah untuk selalu melakukan streching dan cardio sebelum olahraga. Untuk pemula dianjurkan agar didampingi pelatih berpengalaman saat streching dan cardio, karena cara streching dan kardio yang salah dapat menyebabkan cedera atau kram otot. Saat berlari kecil (jogging), usahakan bernafas melalui hidung dan keluarkan melalui hidung. Bila sudah terasa berat, bernafaslah melalui hidung dan keluarkan lewat mulut. Hal ini dapat melatih stamina kita. Saat berolahraga, jangan pernah bernafas lewat mulut karena dapat menyebabkan pusing bahkan pingsan.
3. Setelah berolahraga
Sesaat setelah berolahraga, lakukanlah pendinginan (colling down) agar dapat merenggangkan otot sehingga badan tidak terasa sakit. Lakukanlah push-up, sit-up dan back up untuk mengencangkan otot bagian atas. Makanlah makanan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat, namun hindari makanan berlemak.
Hindari rokok dan Alkohol, bahkan minuman bersoda-pun tidak dianjurkan karena mengandung gula yang sangat tinggi. Perbanyak minum air putih, buah dan sayur agar kebutukan vitamin tetap terjaga.

Nah itu tadi adalah cara melakukan olahraga yang baik dan benar. Selalu ingat untuk hidup sehat ya sobat bloggers. .......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar